Isnin, 5 April 2010

Manfaat sujud


Gerakan solat, ternyata memiliki keajaiban. Termasuk saat sujud yang bermakna menundukkan diri serendah-rendahnya di hadapan Allah SWT. Dari segi ruhiyah, sujud membawa manusia agar bersikap tawadhu' dan rendah diri, memasrahkan diri sepenuhnya hanya kepada Allah. Dari sudut pandangan ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandangan psikologi sujud memiliki manfaat yang sangat besar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof Sholeh yang telah diterima Universiti Harvard, AS. Sujud mengantarkan kita pada derajat yang tinggi. Asalnya dengan melakukan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak aliran darah.
Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Itu ertinya, otak mendapatkan masukan darah kaya oksigen yang memacu kerja selnya.
Selain itu, ada sel dalam otak yang tak kan dapat dialiri darah kecuali hanya dengan melakukan sujud dengan kata lain, sujud yang tuma'ninah dan continue dapat memacu kecerdasan. Seorang doktor dari AS pun mengakui dan telah masuk islam setelah melakukan penelitian dan pengembangan mengenai sujud.




Tiada ulasan:

Catat Ulasan